Apel Siaga Kebakaran Hutan di Taman Nasional Baluran

ApelSiaga01

Baluran yang terletak di ujung Timur Pulau Jawa merupakan Taman Nasional yang beriklim kering dan panas. Dengan sebagian besar wilayah kawasannya adalah savana, ketika memasuki bulan kemarau menjadikan baluran sebagai kawasan yang rawan akan terjadinya kebakaran hutan. Pada tahun 2014 kasus kebakaran hutan yang terjadi mencapai luas lebih dari 2000 Ha. Hal ini menjadikan pemadaman kebakaran hutan sebagai salah satu kegiatan yang harus diwaspadai.

Sebagai wujud kesiapan dalam memasuki musim kemarau, pada Selasa tanggal 16 Juni 2015 di Taman Nasional Baluran digelar kegiatan Apel Siaga Kebakaran Hutan. Apel ini diikuti oleh Manggal Agni Taman Nasional Baluran dalam bentuk Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan (Brigdalkarhut) Bos javanicus, Masyarakat Mitra Polhut, Masyarakat Peduli Api dan Pramuka yang ada di sekitar kawasan Baluran.

ApelSiaga02

Dalam sambutannya, Kepala Balai Taman Nasional Baluran Ir. Emy Endah Suwarni, M.Sc menyampaikan bahwa kebakaran hutan merupakan kejadian yang selalu terjadi setiap tahun di TN Baluran, kewaspadaan dan antisipasi pencegahan harus semakin di tingkatkan, terlebih dengan adanya target luasan kebakaran agar tidak lebih dari 1000 Ha di tahun 2015. Upaya pencegahan melalui patroli dan penjagaan di pos pengamatan kebakaran harus di maksimalkan agar setiap kebakaran yang terjadi dapat segera di atasi sehingga kebakaran yang terjadi tidak terlalu luas.

Pada kegiatan Apel Siaga ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis peralatan penanggulangan kebakaran hutan dari Kepala Balai TN Baluran ke Saudara Dikaryanto sebagai Kepala Brigdalkarhut Bos javanicus dan di akhiri dengan simulai penanganan kebakaran hutan oleh Masyarakat Peduli Api (MPA). (MIQ)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *